Selasa, 24 Mei 2016

Membuat Kalung Dari Kain Perca



Membuat Kalung Dari Kain Perca


Menjadi Muslimah Kreatif dalam Membuat Kalung dari Kain Perca



Sebagai muslim dan muslimah, kita tentunya ingin memperoleh kesuksesan baik di dunia maupun akhirat. Salah jalan menuju kesuksesan itu adalah memiliki keterampilan yang akan menunjang karir dan aktivitas kita sehari-hari. Bagi seorang muslimah, ada dua keterampilan yang harus dimiliki sebagai bekal dirinya untuk menjadi seorang istri dan ibu. Dua macam keterampilan itu adalah hardskill dan softskill. Hardskill yang harus dimiliki seorang muslimah di antaranya adalah pandai memasak, menjahit, dan mengasuh anak. Sedangkan softskill yang harus dimiliki adalah menulis, keterampilan bahasa, serta berkreasi dan memanfaatkan barang bekas di sekitar kita.

1. Apa Itu Kain Perca

Berbicara tentang barang bekas, mungkin yang terbesit di pikiran kita adalah sampah. Pernahkah kita berpikir bahwa kita bisa menghasilkan sesuatu dari sampah? Dengan berbekal hobi kita dalam berkreasi, kita dapat menciptakan sesuatu yang inovatif, bernilai seni, dan dapat menghasilkan uang melalui sampah. Bahkan mungkin saja kreativitas itu suatu saat dapat menajdi salah satu penghasilan terbesar yang akan membawa kita sukses hidup di dunia dan akhirat.
Salah satu bentuk kreativitas yang dapat dijadikan hardskill dan softskill kita sebagai muslimah adalah membuat berbagai kerajinan dari kain bekas atau kain perca. Kerajinan apakah yang dapat kita buat dari kain perca? Kali ini akan dipaparkan mengenai kreativitas kalung dari kain perca.
Kain perca adalah kain-kain sisa menjahit yang biasanya banyak ditemukan di berbagai konveksi atau tempat-tempat menjahit. Kain perca dapat digunakan untuk berbagai kerajinan, seperti keset, bunga, wadah tisu, kalung, bros, taplak meja, dan pakaian boneka. Namun kali ini akan dijelaskan mengenai kreasi membuat kalung dari kain perca atau kain sisa.

2. Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat kalung dari kain perca, beberapa bahan dan peralatan yang diperlukan adalah:
  1. Kain perca
  2. Gunting
  3. Lem tembak
  4. Jarum
  5. Benang
  6. Rantai kalung
  7. Kapas
  8. Akesori tambahan

3. Langkah-Langkah Membuat Kalung dari Kain Perca

Bagi pemula, mungkin agak sulit membuat kreasi kalung dari kain perca. Namun, kali ini akan dijelaskan langkah-langkah membuatnya dengan model dan bentuk yang cukup sederhana.
  1. Persiapkan semua alat dan bahan yang akan dibutuhkan dalam membuat kalung dari kain perca.
  2. Untuk membuat dasar kalung, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat desain atau pola berbentuk lingkaran pada kain yang sudah disiapkan. Kain perca yang digunakan dapat berupa kain polos atau bermotif. Bahan yang digunakan disesuaikan dengan keinginan kita, akan tetapi untuk model ini sebaiknya pilih kain perca dengan bahan yang agak tebal. Setelah itu gunting kain tersebut mengikuti pola yang telah dibuat.


kedua
Gunting mengikuti pola yang telah dibuat. (http://4.bp.blogspot.com/)

  1. Setelah itu isilah dengan kapas lalu jahit dengan menggunakan jarum tangan sampai berbentuk menyerupai bola kecil.


ketiga
Isi dengan kapas. (http://2.bp.blogspot.com/)

  1. Untuk membuat kelopak bunganya, buatlah pola lingkaran pada kain. Kemudian gunting sesuai pola.


keempat
Buat kelopak bunga. (http://2.bp.blogspot.com/)

  1. Beri lem pada kain yang telah berbentuk lingkaran lalu lipatlah agar menjadi berbentuk seperti gambar di bawah ini.


kelima-satu
Beri lem. (http://3.bp.blogspot.com/)
kelima-dua
Dibentuk menjadi kelopak. (http://2.bp.blogspot.com/)

  1. Ulangi proses membuat kelopak bunga seperti di atas selama berkali-kali sampai dihasilkan kelopak bunga yang cukup banyak.
  2. Tempelkan semua kelopak bunga pada bulatan yang telah dibuat sebelumnya dengan menambahkan lem pada bagian ujung kelopak.


ketujuh
Tempelkan kelopaknya. (http://3.bp.blogspot.com/)

  1. Setelah semua bagian bola tertutup oleh kelopak bunga, pasangkan rantai atau tali pada inti bunga yaitu pada bulatan kain. Untuk memasangnya dapat dengan cara menjahitnya atau mengaitkan pengait pada bulatan kain. Jika model kalung yang dibuat nampak sederhana maka kita dapat menambahkan akesori lainnya untuk mempercantik kalung buatan kita.


kedelapan
Pasang rantai pada bunga yang telah dibuat. (http://3.bp.blogspot.com/)

  1. Langkah terakhir adalah merapikan kalung yang selesai kita buat dan hasilnya dapat langsung dipakai.


kesmbilan
Kalung dari kain perca. (http://1.bp.blogspot.com/)
Selamat mencoba^_^ ~marhaenna~.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar