Sabtu, 30 April 2016

TUTORIAL MEMBUAT CARDIGAN




Cardigan
Pengertian cardigan yaitu sweater yang sisi depannya terbuka serta bisa di beri penambahan kancing atau ritsleting juga sebagai variasi.

Saat ini, Cardigan adalah pakaian yang kerap dipunyai oleh kaum hawa untuk mendukung tampilan. Lantaran Cardigan dapat berikan dampak langsing pada penggunaanya. Diluar itu, Dalam perubahan tren baju Dunia, Oleh desainer handal cardigan disulap untuk dimix serta dimatch dengan type pakaian yang lain. Contoh dengan Blus, Rok, Celan, Gamis, Koas serta dres.
Saya menggunakan 1 meter bahan kaos Korea, maaf, saya tidak tahu pasti nama kainnya, tapi penjualnya bilang itu namanya kaos Korea. Bahannya ringan, tipis, dan nyaman dipakai, apalagi di udara panas kota Pekanbaru.

Here are the steps (klik photo untuk melihat dalam ukuran besar):

1. Tentu saja ini bukan untuk penjahit profesional, sebagai amatir, saya menggunakan cardigan yang sudah ada untuk membuat pola. Pin cardigan ke kertas koran, dengan menggunakan spidol, ikuti pola cardigan. Buat untuk bagian lengan, bagian belakang, dan bagian depan (kiri-kanan)
2. Saya tidak yakin apakah cara menggunakan rol seperti di poto sudah betul atau tidak menurut "aturan menjahit yang seharusnya". But, that's how I did it :p.
3. Menjiplak pola bagian depan cardigan.
4. Setelah semua bagian sudah tercetak di kertas koran, gunting semua pola.


5. Menggunting pola untuk bagian belakang cardigan, lebih mudah dengan cara melipatnya seperti dipoto, agar ukurannya sama.
6. Menggunting pola untuk bagian depan cardigan. Hampir sama dengan bagian belakang, kecuali bagian depan harus dipotong menjadi dua bagian.
7. Selanjutnya pin pola koran ke kain yang akan dijahit. Agar lebih mudah saya menggambar pola dengan spidol di kain.
8. Kemudian, gunting kain sesuai pola.


9. Memotong bagian belakang cardigan lebih mudah dengan melipat pola.
10. Setelah semua bagian terpotong (dua lengan, satu bagian belakang, dua bagian depan (kanan-kiri).
11. Sambung semua bagian dengan menggunakan pin.
12. Jahit bagian cardigan yang sudah tersambung.

13. Setelah menjahit semua bagian, jahit tepi kain ke bagian dalam. Karena bahan yang saya gunakan tidak berbulu, jadi, saya tidak mengobrasnya. Nah, sampai disini, selesai menjahit cardigan.
14. Selanjutnya adalah menghias. Silahkan kreasikan sesuai selera. Teman-teman bisa memberi kancing, menjahitkan renda, payet, manik-manik, bordir, atau apa saja. Saya menghias pinggiran cardigan dengan kerutan-kerutan.
14. Membuat tube dari sisa kain.
15. Atur jarak jahitan ke nomor 4 (jarak jahitan paling lebar).
16. Jahit bagian tengah tube.


17. Untuk membuat kerutan, tarik benang bagian bawah (benang dari sekoci) dengan perlahan, jangan sampai benang terputus.Atur kerutan sesuai selera.
18. Tempelkan kerutan ke bagian pinggir cardigan dengan bantuan pin.
19. Jahit kerutan.
20. Begitulah hasilnya :)

 
Saya menambahkan aksen bunga dengan renda dan manik.
dan renda di bagian pergelangan tangan.
Begitulah kira-kira tutorial sederhananya. Mudah-mudahan bisa dimengerti. Saya yakin teman-teman akan membuat yang lebih bagus, don't forget to share ya :). My website is here. ~marhaenna~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar